1/23/2013

CERITA persahabatan yang saling membantu

ARTI PERSAHABATAN


pada suatu hari ada dua anak perempuan yang bersahabat sejak kecil hingga mereka SMK, katakan lah ina dan jeni, inna seoarang yang cantik, baik dan percaya diri, jeni anak yang rajin dan pintar namun ia tidak begitu berani jika harus tampil di muka umum.

Inna banyak dikagumi oleh teman-teman disekolah bahkan banyak pula yang menyukai dia, sehingga jika ada even di sekolah dia sering ikut dan selalu menjadi pemeran di acara ittu. akhirnya ia sibuk dengan kegiatan-kegiatan diluar sekolahnya itu. sedangkan Jenni, ia memang tidak pernah tampil dimuka umum akan kelebihan yang ia miliki, namun banyak orang yang kagum kepadnya akan kepintaran dankerajinan seorang Jenni, bagitu pula dengan Guru-guru di seolah tersebut.

Inna sibuk dengan kegiatannya, Jenni sibuk dengan teman yang ingin belajar bersamanya. seuatu hari disekoalah ada Acara pementasan derama kenaikankelas (ahirtahun), inna dipilih sebagai pemeran utama dalam derama itu, sedangkan jenni tidak di ikut sertakan dalam drama ini sehinngga jeni merasa iri kepada inna.

jenni mendapatkan juara pertama dikelas dan sebagai juara umun dihaun ini di angkatan mereka, sedangkan inna mendapatkan peringkat 16 dari 32 siswa di kelas yang sama. inna pun merasa iri ddengan prestasi yang jenni milki sehingga inna merasa minder kepada jinni sahabatnya sendiri.

mereka saling acuh setelah pementasan dan pengumuman kenaikankelas dibacakan, inna mencoba giat belajar dan waktu untuk istirahatpun ia gunakan untuk membaca buku, itu membuat fisiknya agak lemah. dan jenni berusaha merubah penampilan yang awalnya pendiam mewnjadi lebih berani kepada setiap orang. perubahan keduanya pun menjadi pembicaraan teman-teman dan para guru di sekolah itu, namun mereka meneruskan perubahaan itu tanpa adanya saling bantu-membatu satu sama lainnya.

keduanya saling besikeras berkomitmen "saya harus bisa menjadi seperti dia" hingga menimbulkan kedengkian di antara keduanya tak saling menghubungi, tak saling bercandatawa, taksaling menyemangati dan tak pula ada rasa ingin bertanya. 

ketika bel istirahat berbunyi, meraka saling saling bertatap muka di depan pintu namun tak saling menyapa. jenni pergi ke perpustakaan setelah itu kekantin, berbeda dangan inna yang pergi kekantin terlebih dahulu bersama teman yanglain lalu prgi ke perpustakaan sekolah. ketika inna telah membeli minuman untuk di bawa keperpustakaan, jenni datang dengan terburu-buru dan menabrak inna yang sedang membawa minuman hingga minumannya jatuh dan mengotori bajunya.

 "maaf-maaf" pinta jenni. inna memasang muka juteknya sambil menengok ke kanan kiri dan  kearah teman-teman sekelasnya yang sedang duduk di kantin sambil membersihkan bajunya "ia gak apa-apa".
"maaf yah, sini j nna gue bersihin" pinta jenni lagi.
"gak usah so caper deh di depan banyak orang, gue juga bisa bersihin sendiri ko" saut inna dengan nada kesal.
"siapa yag caper sihn nna, gue cuma mau bantuin loe doang ko" jawab jenni.
"gak usah gue bisa sendiri" jwab inna smbi berjalan meninggalkan jenni.

ketika di klas, guru sedang menerangkan dan memberikan pertanyaan kepad murid, ketika jenni ingin menjawab, inna langsung berkomentar terlebih dahulu. "so pinterbanget deh inna" dalam hati jenni

bel pelajarn telah brbunyi saatnya pelajaran seni budaya. pergilah mereka ke aula untuk belajar di sana, kemudian sengguru menjelaskan bahwa sebentarlagi akan diadakan perlombaan putra putri pavorit di sekolahnya. 
inna ditunjuk untuk mewakili kelasnya, namun jenni pun ingin ikut tampil dalah acara tersebt. maka setelah pulang sekolah para peserta lomba pun berkumpul dan diberikanpengarahan dari walikkepalasekolah bidang kesiswaan. 

jenni yang ikut acara tersebut di berikan ocehan oleh inna. "sok cantik deh, emang ada orang yang mau liat lo" kata inna "cupu begitu" dalam hati inna. "inni hidup gue, gue yang ngejalanin hidup ini, terserah gue kalo gue mau berkembang. gak ada salahnya kan" kata jenni

setelah perkumpulan para pesrta, mereka pulang kerumah masing-msing. dirumahnya inna tidak bersiap-siap untuk perlombaan tersebut, ia yakin ia tidak akan terkalah kan oleh jenni karna ia merasa dirinyalah yang lebih cantik dan pasti menjadi putri pavorit di sekolahnya, ia berfikir untuk mengalahkan jenni dikelasya dengan mengambil kesempatan saat jenni sedang menyiakan untuk perlombaan ia belajar dengan raji, setiap hari dia membaca buku. saat di sekolah pulang sekolah dan bahkan sampai larut malah ia masih membaca buku. sahingga kondisinya melemah dan menimbulkan min pada mataya.

sedangkan jenni yang ingin terlihat lebih menarik diperlombaan ia hanya menyiapka peralata seperti kosmetik, pergi kesalon, belanja dan lain-lain tanpa belajar, karna ia merasa dirinya pintar. namun sayangnya kosmetik yang ia gunakan tidak cocok dengan kulitnya sehingga menimbulkan irigasi dimukanya.

ahirnya mereka berdua tidak mengikuti perlombaan tersebut begitupun dengan dengan ulangan harian yang berjalan 2hari sebelum pementasan. jenni pikir inna yang menapatkan uara diperlombaan dan mendapat nilai tertinggi di kelasnya, begitupun sebaliknya dengan inna. teman di kelasnya menjengun jenni seelah itu laku berniat untuk kerumah inna. ketika dirumah inna mereka ,menceritakan keadan jenni dirumah,  inna dengan sangat kagetnya ia bersiap" untuk ikut pergi munjenguk jenni.

merekapun saling sadar atas apa yang telah terjadi diantara mereka, BAHWA teman itu HARUS SALING MEMBANTU SATU DENGAN YANG LAINNYA. mereka saling bermaafan dan berjannji tidak akanpernah seperti itu lagi, dan berkomitmen untuk menjadi dirisendiri yang baik dan membantu ketika teman mengalami kekurangan.
 
AKU BISA MENJADI KAMU, DAN KAMU BIA=SA MENJADI AKU.
NAMUN INGAT AKU ADALAH AKU, DAN KAMU ADALAH KAMU.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar